JAVANEWS.CO.ID

KREATIF, SANTUN DAN BERIMBANG

Babinsa Koramil 09/Lgm Kodim 0313/Kpr Tanam Bawang Merah bersama Poktan

1 min read

Pelalawan (Riau) – Javanews.co.id | Babinsa Kiab Jaya Kopda Supriyanto Koramil 09/ lgm kodim 0313/ Kpr, melaksanakan pendampingan dengan kelompok tani dalam penanaman bawang merah di Desa Kiab Jaya Kecamatan Seikijang Kabupaten Pelalawan, Senin (20/01/2020).

Dalam kegiatan penanaman bawang merah tersebut, hadir Kades Desa Kiab Jaya Herman. Ketua kelompok tani Bambang, Humas Pt SAR Yusri, Babinsa Kopda Supriyanto, Bhabinkamtibmas Aipda Susanto dan Dinas pertanian Kab Pelelawan Era.

Bambang yang merupakan Ketua kelompok tani menjelaskan, bahwa penanaman bibit bawang merah yang dilakukan di Desa Kiab Jaya, menurut penelitian sudah memenuhi syarat, antara lain PH (Potensial Hidrogen) tanah toleransinya sudah bisa ditanami yaitu 6° keasamannya.

Penaman bawang merah ini merupakan penanaman uji coba kedua yang dilakukan oleh Kelompok Tani Desa Kiab Jaya. Pada uji coba penanaman pertama, hasilnya cukup bagus. Sehingga programnya dilanjutkan kembali.

Bibit yang ditanam adalah Varietas Bima dari Brebes, yang merupakan program bantuan dari CSR PT SAR (Sinar Arga Raya), Pertanian, Penelitian dan Pengembangan Holtikultura.

Babinsa Kopda Supriyanto berharap, tanaman bawang merah bisa berkembang di Desa Kiab Jaya, karena ini merupakan salah satu komoditas yang diandalkan selain padi, jagung dan kedelai,” ungkapnya.

“Penanaman bawang merah ini dilakukan dilahan seluas 0,5 hektar dan lokasi tanah tersebut merupakan tanah desa yang dikelola oleh kelompok tani Desa Kiab Jaya, bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat yang tidak memiliki lahan pertanian,” pungkas Babinsa Kopda Supriyanto. (Serda Gunawan /Erizal) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *