JAVANEWS.CO.ID

KREATIF, SANTUN DAN BERIMBANG

Laporan Wartawan Terhadap Ketua AMS Tunggu Turun P21

1 min read

Purwakarta – Javanews.co.id | Ketua Komunitas Masyarakat Purwakarta (KMP) mengingatkan kepada masyarakat dan pejabat, jika tugas seorang jurnalis dilindungi Undang-Undang. Oleh karena itu, para sumber berita jangan menghindar dan bertindak arogan terhadap wartawan, karena bisa berujung di “meja hijau”.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KMP, Zaenal Abidin terkait pelaporan wartawan mediarajawalinews.net, Irfan Abdul Hakim terhadap Ketua ormas Angkatan Muda Siliwangi, Lalam Martakusumah.

“Proses penyidikan hampir selesai. Untuk melengkapi penyidikan, pihak Polres dan wartawan akan meminta pertimbangan Dewan Pers. Jika ditetapkan kasus itu melanggar UU Pers No 40, Polres bisa mengeluarkan P21,” katanya.

Menurut Zaenal, jika sumber merasa berita yang dibuat wartawan tidak sesuai fakta, mereka memiliki hak jawab dan bisa melaporkannya ke Dewan Pers.

“Produk pers ini (pemberitaan) dilindungi Undang-undang. Harapan ZA sapaan Zaenal Abidin kepada Dewan Pers dan juga kepada seluruh aktivis, mestinya melakukan penguatan-penguatan tupoksi jurnalistik, sehingga kedepan awak media tidak ada kekhawatiran dalam memberitakan apa yang dilihat, didengar dan dirasakannya,” ujarnya.

Seperti diketahui, Zaenal Abidin dikenal atas konsistensinya dalam pergerakan melakukan kontrol sosial terhadap penguasa dan aktivis, Ia tidak kenal kompromi. Zaenal adalah sosok perpaduan aktivis yang intelektual, bergelar Insinyur dan Magister di bidang Teknologi hasil pertanian dan merupakan alumni Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *