JAVANEWS.CO.ID

KREATIF, SANTUN DAN BERIMBANG

Jalan Penghubung Obyek Wisata Taman Buru Dusun Buakanga Desa Cakura Rusak Parah

2 min read

Takalar (Sulsel) – Javanews.co.id  | Jalan Dusun Buakanga yang menghubungkan jalan masuk tempat wisata taman buru Desa Cakura Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan, kondisinya rusak parah dan tergenang air serta becek saat musim hujan.

Kerusakan jalan utama yang terletak di Dusun Buakanga Desa Cakura sudah terjadi sejak beberapa tahun silam sampai sekarang. Namun entah mengapa, hingga kini belum ada perhatian dari Pemerintah Daerah, khususnya instansi terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman (PUPRKP) Kab Takalar.

Menurut Penggiat LSM di Kab Takalar dan juga warga Desa Cakura menuturkan pada Javanews.co.id,  bahwa kerusakan Jalan tersebut sejak beroperasinya pabrik batu pecah milik fery pengusaha dari pare pare.

Sejak berdirinya perusahaan tersebut di Desa Cakura, akibat kendaraan bermuatan  berat yang keluar masuk sehingga infrastruktur jalan tidak mampu menahan beban muatan kendaraan yang mengakibatkan kerusakan parah di ruas jalan Dusun Buakanga dan ruas jalan di Desa Cakura.

Ini sudah sejak tiga tahun lalu dan belum juga ada upaya pemerintah setempat dan kabupaten untuk melakukan perbaikan pada jalan tersebut,” ungkap Arsyad Sewang, Sabtu (22/2). Ia mengemukakan bahwa jalan tersebut baru 2 tahun di aspal di tahun 2016, saat pabrik tersebut mulai beroperasi di pertengahan tahun 2017 sudah hancur lagi, di karenakan tingkat volume kendaraan besar keluar masuk pabrik melampaui kapasitas angkut, berakibat pada rusaknya jalan.

Sehingga, lanjutnya, selaku warga Cakura Ia berharap, pemerintah setempat melalui Desa, Camat dan Kabupaten, agar memberikan prioritas akan ruas jalan tersebut. “Paling tidak perusahan juga memberikan tanggung jawab. Jika kondisi ini begini terus, maka jangan salahkan warga dan saya akan menutup akses jalan yang tidak di perhatikan itu,” tegasnya. (Azis Kawang/Muhammad Rusli)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *