JAVANEWS.CO.ID

KREATIF, SANTUN DAN BERIMBANG

Dukung Gema Tasamara Kades Tonasa Adakan Jum’at Bersih

2 min read

Takalar (Sulsel) – Javanews.co.id | Dalam rangka Jum’at bersih (Jumsih), Pemerintah Desa Tonasa, Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar mengajak seluruh warga menggelar kegiatan bersih-bersih di lingkungannya masing-masing dusun dan di lingkungan kantor desa setempat, Jumat pagi (27/3).

Dalam Kegiatan gotong royong, masyarakat bahu membahu membersihkan ranting-ranting pohon di sepanjang jalan utama Desa Tonasa, hingga ke perbatasan desa tetangga dan di lingkungan kantor desa setempat. Hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan pengendara yang melintas, terlebih bagi anak sekolah yang setiap hari melalui jalan tersebut.

Menurut Plt (Kades) Tonasa Hakim dg Sila mengatakan, Jum’at bersih ini dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah Kabupaten Takalar dalam melaksanakan P22 Gema tasamara. Gotong royong yang akan dilaksanakan setiap hari jumat atau dengan Istilah Jumat Bersih, tidak lain karena dirinya ingin melestarikan agar budaya gotong royong terus hidup di desanya, yang pelan-pelan hilang tergerus kemajuan zaman.

“Saya bangga dengan antusiasme masyarakat, yang secara sukarela meninggalkan pekerjaan mereka untuk terlibat dalam kegiatan ini. Gotong royong akan dijadikan rutinitas masyarakat Desa Tonasa, sehingga seberat apapun persoalan yang timbul akan dapat terselesaikan dengan baik,” ujarnya kepada awak media.

Hakim dg sila mengemukakan, kegiatan Jum’at bersih perlu diterapkan oleh setiap Kepala dusun yang berada diwilayah Desa Tonasa. Aparatur pemerintah desa dapat mengajak masyarakat untuk rutin melakukan kegiatan Jum’at bersih, dengan mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan disepanjang jalan, yang kemudian dikumpulkan atau dibakar.

“Melalui kegiatan Jum’at bersih, kami ingin memberikan contoh langsung kepada masyarakat dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, sebagai wadah untuk membersihkan lingkungan, kegiatan Jum’at bersih juga dapat mencegah terjangkitnya penyakit yang diakibatkan karena lingkungan yang tidak bersih, sehingga kegiatan membersihkan lingkungan sangat penting dilakukan masyarakat.

“Melalui kegiatan jumat bersih yang selalu rutin dilakukan, tentunya akan mengurangi resiko terjangkitnya penyakit di tengah masyarakat akibat lingkungan yang tidak sehat,” ujarnya. (abd salam/Muhammad Rusli)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *