JAVANEWS.CO.ID

KREATIF, SANTUN DAN BERIMBANG

Bhabinkamtibmas Desa Cakura Akan Kawal Pendataan Penerima BLT

2 min read

Takalar (Sulsel) – Javanews.co.id | Untuk memutus mata rantai pandemi corona (covid 19 ) Bhabinkamtibmas Desa Cakura Polsek Polsel Polres Takalar menghadiri kegiatan Musdes (Musyawarah Desa), Validasi, Finalisasi, penetapan keluarga penerima BLT dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2020, bertempat di balai Desa Cakura, Senin (18/5).

Rapat dipimpin langsung  oleh Kepala Desa Cakura Nurdiansyah S.Pd, dihadiri oleh Tenaga Ahli Partisipatif Tamsil Pattalalo, Tenaga Ahli Sosial Dasar Rahmatia, Pendamping desa PDP Adri Hamzah Daeng Serang, Ketua BPD Desa Cakura H Saharuddin Bani, para Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat dan Staf Desa Cakura.

Ada sejumlah kriteria rumah tangga yang berhak atas BLT-DD, diantaranya keluarga miskin non Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), belum mendapat Program Keluarga Harapan (PKH), non pra kerja yang kehilangan mata pencaharian dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

Dari hasil rapat validasi jumlah Kepala Keluarga (KK) miskin yang layak menerima bantuan untuk di wilayah Desa Cakura sejumlah 173 Kepala Keluarga (KK), dengan rincian masing-masing, setiap dusun yang mendapatkan LT-DD sebagai berikut, Dusun Cakura 29 KK, Dusun Bontocamba 24 KK, Dusun Jenelimbua 39 KK, Dusun Bontomaka 16 KK, Dusun Pangkajene 26 KK dan Dusun Buakanga 39 KK.

Setelah musyawarah desa (Musdes), data akan diajukan ke Kabupaten untuk dilakukan verifikasi. Jika ternyata dari Kabupaten masih ada data penerima yang berbenturan atau ganda dengan penerimaan bantuan lain, maka akan dicarikan pengganti lagi oleh pihak desa, yang mana nantinya data penerima (warga) benar-benar belum pernah menerima bantuan apapun.

Bhabinkamtibmas Desa Cakura Polsek Polsel Polres Takalar Aipda Agus mengatakan, kami akan mengawal proses pendataan penerima Bantuan Lansung Tunai (BLT), bantuan dari pemerintah pusat melalui Dana Desa, sehingga dengan harapan akan tepat sasaran dan tidak terjadi penyelewengan dikemudian hari. Aipda Agus juga menghimbau kepada warganya, untuk mengurangi aktifitas diluar rumah, jika tidak ada kepentingan yang mendesak.

Apabila keluar rumah selalu menggunakan masker, hindari kerumunan orang banyak, berperilaku hidup sehat dan biasakan cuci tangan setelah beraktifitas, serta menganjurkan agar sementara waktu selama pandemi corona (covid 19) untuk melaksanakan sholat di rumah saja, sebagaimana yang dihimbau oleh MUI dan kebijakan Pemerintah, dalam upaya pencegahan penularan virus Covid 19. (Muhamma Rusli)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *